Basis Data

 

 

database

Pengertian Database:

  1. Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
  2. Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna

Data merupakan fakta mengenai suatu objek seperti manusia, benda, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya yang dapat dicatat dan mempunyai arti secara implisit. Data dapat dinyatakan dalam bentuk angka, karakter atau simbol, sehingga bila data dikumpulkan dan saling berhubungan maka dikenal dengan istilah basis data (database) [Ramez2000]. Sedangkan menurut George Tsu-der Chou basis data merupakan kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam aturan yang khusus. Informasi ini adalah data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang [Abdul1999]. Menurut Encyclopedia of Computer Science and Engineer, para ilmuwan di bidang informasi menerima definisi standar informasi yaitu data yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

Hirarki Data

Data diorganisasikan kedalam bentuk elemen data (field), rekaman (record), dan berkas (file). Definisi dari ketiganya adalah sebagai berikut: Elemen data adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Misalnya data siswa terdiri dari NIS, Nama, Alamat, Telepon atau Jenis Kelamin. Rekaman merupakan gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Istilah lain dari rekaman adalah baris atau tupel.

Berkas adalah himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama.

ONE

Sistem Basis Data

[Waliyanto2000] Gabungan antara basis data dan perangkat lunak SMBD (Sistem Manajemen Basis Data) termasuk di dalamnya program aplikasi yang dibuat dan bekerja dalam satu sistem disebut dengan Sistem Basis Data.

TWO

DDL (Data Definition Language)

Dasar Teori

Data definition language (DDL) merupakan bentuk bahasa paling dasar dalam sebuah database karena memiliki kemampuan untuk membangun dan memanipulasi database serta tabel atau bahasa yang mempunyai kemampuan untuk mendefinisikan data yang berhubungan dengan pembuatan dan penghapusan objek seperti tabel, indeks, bahkan basis datanya sendiri. Misalnya CREATE, DROP, ALTER.

CREATE TABLE

CREATE TABLE adalah salah satu perintah SQL yang digunakan untuk membuat sebuah tabel dengan menentukan tipe masing-masing elemen datanya.

Sintaks umumnya :

a.Type Data

Setiap pembuatan field/kolom pada sebuah tabel, harus ditentukan tipe datanya. Tipe data merupakan jenis data yang akan disimpan pada sebuah tabel. Pada listing program di atas pada baris 2, 3 ,4 , 5, dan 6 terdapat tipe data yang berlainan, hal tersebut didasari oleh data yang berjenis apa yang Akan dimasukkan kedalam sebuah tabel. Contoh pada baris [2] terdapat tipe data “int” atau integer (data yang dimasukkan berupa data bilangan bulat), pada baris [3] adalah bertipe “Varchar(200)” (data yang dimasukkan berupa karakter string yang panjang maksimal adalah 200 karakter)

b. Nilai Null

Null menyatakan bahwa sebuah kolom boleh berisi Null, nilai Null tidak sama dengan nol, kosong atau lainya, tetapi Null adalah tidak ada data yang dimasukkan, nilainya tidak diketahui. Null tidak boleh dipakai pada kolom-kolom yang mempunyai sifat Identity atau primary key.

c. Auto Increament

Adalah nilai yang dihasilkan dinaikkan secara berurutan, didefinisikan dengan menggunakan properti Identity, pada baris [2] nilai idpeg dimulai dari 1 dan dinaikkan berurutan 1 kali.

d. Default Value

Default menyebutkan nilai sebuah kolom apabila tidak ada nilai yang diberikan saat record dimasukkan. Pada baris [5] bertipe “bit”, nilai default status pegawai adalah 1, dapat diartikan nilai “1” adalah status pegawai tetap dan nilai “0” adalah status pegawai tidak tetap.

e. Constraint

Constraint memberlakukan integritas data dan menjaga kualitas data dalam database. Sehingga hanya nilai tertentu yang boleh diinputkan, selain nilai tersebut tidak boleh diinputkan, jika diinputkan maka server database akan memberikan pesan error.

f. Rule

Fungsinya sama dengan Constraint, tetapi jika pada Constraint dilakukan pada saat pembuatan tabel atau perubahan tabel, Rule dilakukan jika tabel sudah ada berikut kolom-kolomnya.

DML (Data Manipulation Language)

Data Manipulation Language

Data Manipulation Language (DML) adalah suatu statement yang dijalankan pada

saat kita memerlukan :

• penambahan baris baru pada table

• memodifikasi baris yang ada pada table

• menghapus baris yang ada pada table

DML Statement identik dengan operasi INSERT, MODIFY dan DELETE. Istilah Transaksi mengandung pengertian kumpulan Statement DML yang membentuk suatu fungsi tertentu.

Kalau DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengudate tabel dan menghapus tabel, sehingga implementasi database siap untuk diisi, ditampilkan atau operasi-oprasi yang lain. Untuk mengisi atau memanipulasi data yang lain digunakan bahasa DML. Jadi DML digunakan untuk memanipulasi data atau record. Perintah yang digunakan adalah INSERT, SELECT, UPDATE dan DELETE.

Memasukkan Data (Insert)

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk memasukkan data kedalam tabel, yaitu:

1. insert into nama_tabel values (isi_field_2,…,isi_field_n);

Contoh : insert into produk pegawai values (1245, „Budi Santoso, „L, „Islam);

2. insert into nama_tabel (nama_field_1, nama_field_2,…,nama_ field_n) values

(isi_field_1, isi_field_2,…,isi_field_n);

Melihat Isi Tabel (Select)

Melihat isi tabel dapat menggunakan statement SELECT.

Mengurutkan Tampilan

Klausa ORDER BY digunakan untuk mengurutkan hasil. Jika menginginkan data

ditampilkan urut berdasarkan pada urutan terkecil ke besar, dapat menggunakan ASC (ascending). Sedangkan untuk mengurutkan data berdasarkan yang terbesar ke kecil, dapat menggunakan DESC (descending).

Klausa WHERE

Klausa merupakan sebuah pernyataan yang dapat menampilkan data dari sebuah tabel atau lebih dengan hasil data yang tersaring atau terseleksi. Terdapat bebeapa klausa yang didukung dalam MS-SQL Server 2000, antara lain WHERE, GROUP BY, HAVING, LIKE, WITH.

Dalam pemakaiannya, digunakan operator relasional atau perbandingan, yaitu: =, <>, <=, >=, <, >.

Klausa WHERE juga dapat dipadukan pemakaiannya dengan klausa GROUP BY yang bertujuan untuk mengelompokkan data pada subjek tertentu. Sedangkan untuk mengeliminasi group baris menggunakan klausa HAVING.

Untuk data yang banyak dan melibatkan beberapa tabel, hasil query sering terjadi duplikasi data atau perulahan list data, hal ini disebabkan setiap record yang ditemukan akan langsung ditampilkan. Untuk menangani masalah ini selain klausa GROUP BY dapat juga dengan mengunakan klausa DISTINCT. Bentuk umum:

Merubah Record (Update)

Record yang ada dalam suatu tabel dapat kita ubah dengan perintah UPDATE.

Sebagai contoh:

Untuk merubah seluruh nilai field NAMA pada tabel Pegawai dengan huruf besar.

Untuk memodifikasi baris data yang ada pada table digunakan perintah UPDATE.

Sintak dari perintah UPDATE :

UPDATE table

SET column = value [, column = value, …]

[WHERE condition];

Menghapus Record (Delete)

Kita dapat menggunakan perintah DELETE untuk menghapus record

MySQL adalah sebuah perangkat lunak iasm manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta iasm atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius

Relational Database Management System

MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Keandalan suatu iasm database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL ias sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.

Keistimewaan MySQL

MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :

  1. Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
  2. Open Source.MySQL didistribusikan secara open source, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.
  3. Multiuser’. MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
  4. Performance tuning’. MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
  5. Jenis Kolom. MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
  6. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
  7. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
  8. Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
  9. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
  10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
  11. Antar Muka. MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
  12. Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
  13. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle

MySQL adalah database yang cepat dan tangguh, sangat cocok jika digabungkan denganPHP, dengan database kita bisa menyimpan, mencari dan mengklasifikasikan data denganlebih akurat dan professional. MySQL menggunakan SQL language ( Structur QueryLanguage ) artinya MySQL menggunakan query atau bahasa pemprogaman yang sudahstandar di dalam dunia database. Kelebihan MySQL diantaranya :

1. Dari segi performa, MySQL tidak bisa diragukan, pemprosesan database sangat cepat

2. Open source

3. Mudah untuk dipelajari

4. Kompabilitas dengan berbagai system operasi dan web server yang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s