Mengantuk Saat Jam Kuliah

Young Woman Sleeping in Class

Alasan Mengapa Mahasiswa Mengantuk Saat Jam Kuliah Berlangsung

hai temen-temen ^_^v

kalian pasti sering ngantuk pada saat jam pelajaran berlangsung iya kan!!!

Ya memang sih sudah menjadi rahasia umum bahwa terkadang mahasiswa sering mengantuk dan tak jarang tertidur saat jam kuliah. Mungkin ada beberapa dosen yang membiarkan mahasiswanya tertidur dibandingkan melihat mahasiswanya mengobrol yang akhirnya mengganggu jalannya kuliah.
Sebenarnya apa sih yang menyebabkan para mahasiswa itu mengantuk saat jam kuliah ??

Hmm… berdasarkan survey yang berhasil saya lakukan terhadap beberapa teman, mereka mengutarakan banyak sekali hal yang menyebabkan mereka mengantuk di kelas..

kira-kira apa yang menyebabkan hal itu yach kaliah mw tau ???

di bawah ini adalah beberapa alasan mengpa banyak mahasiswa banyak yang mengantuk pada saat jam pelajaran kuliah berlangsung:

  • Bosan dengan materi kuliah

Kebanyakan teman saya mengatakan bahwa materi kuliah sangat membosankan sehingga mereka tidak fokus untuk menyimak materi yang disampaikan oleh dosen.

  • Cara penyampaian materi oleh dosen sangat membosankan

Hmm, kalian sadar nggak salah satu alasan kita menyenangi pelajaran atau mata kuliah tertentu adalah karena dosennya. Kalau dosennya baik, friendly dan menyenangkan terkadang kita bisa sangat menyenangi mata kuliah yang diajarkanya. Tapi, kalau ternyata dosennya jutek, pemarah, dan penyampaian materinya tidak komunikatif dan membosannkan, kita pun merasa begitu malas untuk mendengarkan materi yang disampaikan sampai-sampai kita mengantuk dan tertidur karena cara penyampaiannya yang tidak menarik hati kita.

  • Tidur larut malam sebelumnya

Haha, sudah tidak aneh lagi kalau jam tidur mahasiswa berkurang. Terkadang harus tidur larut malam atau bahkan tidak tidur demi mengerjakan laporan, tugas atau persiapan test esok harinya. Tapi ada juga yang tidur larut malam karena main game, jalan-jalan, online dsb. Ya akibat kekurangan tidur, kita jadi mengantuk di kelas dan yaa tidak fokus belajar.

  • Virus Tidur

Virus yang satu ini memang sangat mematikan. Kalian tau dong kalo kita liat orang lain nguap, secara tak sadar kita juga jadi tersugesti untuk menguap. Dan bila kita melihat orang tertidur, kita juga terkadang tersugesti untuk tidur.

  • Kekurangan Oksigen

Hhhh, bener-bener deh kalo alasan yang satu ini. Kalian tau dong kuota satu jurusan kalian berapa ? dan kalo kuliah di kelas besar, jumlah orangnya tentu sangat banyak. Meskipun diruangan yang begitu luas dengan AC dimana-mana, namun tetap saja karena kebanyakan orang tentu kapasitas oksigen pun terbatas, apalagi kuliah itu kan di ruangan tertutup. Akibat kekeurangan oksigen itulah terkadang kita sering merasa mengantuk.

  • Belum makan sebelumnya dan kekenyangan

Ya.. ya.. makan itu penting sekali, kawan. Otak kita kan diajak berfikir kalo kita lagi belajar, dan otak butuh nutrisi dan energi untuk proses berfikir tersebut. Kalo kita belum makan, darimana otak mendapat energi untuk berfikir ? Nah, akibatnya kita sering merasa mengantuk saat belajar. Begitu pula kalo kita kekenyangan, kita pasti mudah erasa mengantuk kalo kita sedang kekenyangan.

  • Ruangan dan posisi yang nyaman untuk tidur

Nah, yang satu ini memang cocok sekali bagi orang yang hobi tidur. Ruangan ber-AC dengan posisi tempat duduk yang strategis yang tidak terlihat dosen (terutama di pojokan atau di belakang) memudahkan kita merasa mengantuk. Ya kalo kata orang sih, jangan duduk di pojokan atau di belakang karena banyak setan tidurnya, hhi.

  • Kecapekan

Ada kalanya kita mudah mengantuk karena capek.Untuk itu kita harus pandai2 memilih kegiatan sehingga tidak berlebihan.

  • Tak Suka Dengan Pelajaran Yang Diajarkan

Ini yang paling sering dijadikan alasan untuk ogah2an belajar. Sebenarnya ini tak dapat dijadikan alasan. Sebab minat tak bisa timbul dengan sendirinya. Minat bisa timbul bila ada dorongan untuk menyukai pelajaran itu. Dorongan dapat berupa guru yang menyenangkan,nilai yang tinggi,atau kemauan diri yang kuat.

  • Pengajar Yang Monoton

Hal ini juga bisa mempengaruhi kita saat belajar, biasanya pengajar yang seperti ini jarang sekali berinteraksi scara langsung ataupun tanya jawab saat pelajaran berlangsung. Dan tidak memberikan kesempatan untuk break atau melepaskan lelah sejenak. Kebanyakan Siswa/mahasiswa lebih menyukai pengajar yang bisa membuat nyaman dan enak saat mengajar.

trus apa yang harus kita lakuin kalau dah begini ???

di bawah ini adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa kantuk saat jam kuliah:

1.    Ijin keluar kelas, keluar kelas lalu ke kamar mandi, cuci muka dan berwudhu. Minta lah izin kepada guru/dosen kamu untuk kekamar mandi, lalu berwudhu. Kalaupun rasa kantuk masih melanda, tapi minimal jadi lebih segar dari sebelumnya.

2.    Merenggangkan otot, tidak perlu kelapangan olahraga untuk hal ini. Cukup di bangku aja. Tarik tanganmu ke atas dan kesamping kiri-kanan. Renggangkan otot lehermu. Kalau guru/dosen bertanya kamu sedang apa, bilang saja terus terang kalau kamu lagi pereggangan otot biar tidak mengantuk. Guru/dosen pasti mengerti.

3.    Duduk di depan, kebanyakan orang kalo lagi mengantuk, pasti memilih duduk dibelakang, biar kalau ketiduran, tidak ketahuan. Ternyata Sala, coba kalau duduk didepan. Dengan duduk didepan, jadi lebih waspada. Kewaspadaan itu malah membuat tubuh otomatis ikut waspada. Ibaratnya, tubuh dalam selalu standby.

4.    Duduk tegak, postur tubuh yang tidak benar, bisa membuat otot jadi lelah. karena otot dan sendi-sendi kita jadi kerja ekstra dibanding kalau tubuh kita lurus/tegak secara tepat. Kalau otot sudah lelah, itu bisa menurunkan aliran darah dan otak sampai 30%.

5.    Makan permen, tidak usah banyak-banyak, dan tidak perlu heboh mengulum atau mengunyah-ngunyah. Cukup di “emut” saja. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indra mengecap mengirimkan berita ke otak tentang makanan. Yang tadinya mata kita redup karena mengantuk, mau tidak mau harus melek karena otak yang bekerja untuk melek lagi.

6.    Latihan pernapasan, tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan selama 30 detik. Mengisi paru-paru sampai kedasar membantu kamu membuat tubuh tetap terjaga karena saat itulah tubuh kita secara otomatis mengisi aliran darah dengan oksigen.

7.    Self talk, ini emang artinya berbicara pada diri sendiri. Tapi berbicara bukan sembarangan berbicara, melainkan memberi sugesti ke pikiran kamu agar tetap berfikir positif. Dengan cara ini, kita memprogram pikiran bawah sadar kita. Misalanya, mengatakan pada diri sendiri “Saya akan tetap akan terjaga”. Kalau takut dibilang linglung, boleh berbicara didalam hati, tapi katakan itu berulang-ulang, sesering dan seintens mungkin. Pikiran inilah yang nantinya menjadi sugesti dalam pikiran bawah sadar kamu. Sugesti ini yang nanti bakal “ingat” dengan keras kalo mata kamu mulai meredup lagi.

8.    Cari tahu, apa sih yang membuat kamu mengantuk? Kalau kamu mengantuk gara-gara kurang tidur dan keseringan begadang tengah malam, maka lain kali jangan lakukan begadang lagi karena akan mengganggu aktivitas saat jam pelajaran di kelas berlangsung.

Masih ada jutaan alasan mengapa mahasiswa merasa mudah mengantuk dan tertidur saat kuliah berlangsung. dan penjegahannya

Lalu, apa alasanmu dan solusimu ? ^_^v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s